Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-3
Halaman 1 dari 1
Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-3
Ass.wr.wb.
Hadir dengan semangat baru ... menjumpai para peserta Alpro yang begitu bersemangat dalam meningkatkan kualitas diri dan bersedia berkompetisi untuk memperoleh hasil terbaik dari usaha terbaik mereka ...
Selalu pantau dan update bahan2 kuliah di dropbox masing2 ya ...
Jangan lupa untuk membaca Rencana Kuliah minggu ke-3 (SAP) yaaaaa ...
Nah, inilah Skenario Pembelajaran Minggu ke-3 (yang penuh dengan kondisi, hehehehe sekaligus contoh dalam kelas kita)
Pra kuliah (disiapkan dari rumah)
1. Baca lebih dahulu materi "Minggu 03 pemilihan 2015.pptx"
2. Amati dalam kehidupan sehari-hari, kasus di mana kalian dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan
Sebagai contoh :
Di dalam dompet "hanya" ada uang Rp 5.000,- (kondisi) Kemudian akan makan siang di suatu tempat. Pilihan menu beserta harga :
1. Lauk Ayam : 7.000
2. Lauk Telor: 4.500
dst... (kalian di sini diminta belajar kreatif untuk mengidentifikasi masalah terkait kondisional, kemudian memutuskan pilihan berdasarkan kondisi itu)
3. Cobalah membuat Raptor untuk (kasus 3.1 - 3.5) :
a. bila kalian belum mahir, pastikan kalian minta bantuan teman untuk mengajari penggunaan Raptor
b. bila kalian sudah mahir, cobalah untuk meningkatkan kecepatan menyelesaikan (usahakan 1 kasus tidak lebih dari 5 menit)
Setelah mengerjakan, silahkan perlihatkan pada teman 1 kelompok TP, kemudian diskusikan bila ada jawaban yang berbeda.
4. Pelajari latihan yang ada :
a. bila sanggup, kerjakan Raptornya
b. bila tidak, it's OK .... paling tidak, sudah mengetahui bagaimana tata cara solusi menggunakan kertas (analisis)
Saat Kuliah
20 menit
1. Dosen membuka perkuliahan, dan meminta mahasiswa untuk menyiapkan materi kuliah minggu ke-3 (termasuk menyalakan laptop, membuka diktat bab 4 dll)
2. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menulis refleksi minggu yang lalu di blog mereka?
3. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menyiapkan sesuai "skenario Pra kuliah"?
4. Dosen meminta salah satu mahasiswa untuk memaparkan algoritma kondisional di depan kelas
5. Dosen meminta peserta lain untuk menanggapinya
5 menit
6. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah mengunduh materi kuliah minggu ke-3, mengambil diktat dan modul?
7. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah mempelajari materi kuliah minggu ke-3?
8. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah membuat salah satu (atau lebih) dari materi minggu ke-3?
30 menit
9. Dosen membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok adalah 2 kelompok TP (yang masing2 maksimal 3 mhs)
10. Pilihlah salah satu di antara kalian untuk menjadi pemimpin diskusi dan notulen. Ketua menanyakan kepada tiap anggota : komponen dari skenario pra kuliah (kasus 3.1 - 3.5 khususnya)
11. Bila 10 sudah ada (min 1), kelompok bisa melanjutkan diskusi mereka (dari soal latihan), bila tidak bagilah tugas untuk mengerjakannya (kasus 3.1 - 3.5 khususnya)
25 - 30 menit
12. Tiap kelompok mengirimkan wakilnya untuk presentasi kasus di depan kelas (kasus 3.1 - 3.5 khususnya), salah satu (minimal, ada yang presentasi dari latihan)
10 menit : Penutup
13. Dosen memberikan kesimpulan dan respon balik terhadap proses diskusi dan hasil diskusi kelompok
Skenario Persiapan Praktikum :
1. Pelajari materi Minggu ke-1
2. Persiapkan kemampuan mengetik 10 jari dan ketrampilan Raptor dan Jeliot
3. Persiapkan postes minggu ke-1 (pretesnya adalah tata cara mengirim pre-tes dan postes minggu y.a.d ke masing2 asisten).
Selamat berkompetisi ya ..... Tidak penting menang dan kalahnya, namun, dengan berkompetisi, hidup menjadi lebih bersemangat, bukan?
Hadir dengan semangat baru ... menjumpai para peserta Alpro yang begitu bersemangat dalam meningkatkan kualitas diri dan bersedia berkompetisi untuk memperoleh hasil terbaik dari usaha terbaik mereka ...
Selalu pantau dan update bahan2 kuliah di dropbox masing2 ya ...
Jangan lupa untuk membaca Rencana Kuliah minggu ke-3 (SAP) yaaaaa ...
Nah, inilah Skenario Pembelajaran Minggu ke-3 (yang penuh dengan kondisi, hehehehe sekaligus contoh dalam kelas kita)
Pra kuliah (disiapkan dari rumah)
1. Baca lebih dahulu materi "Minggu 03 pemilihan 2015.pptx"
2. Amati dalam kehidupan sehari-hari, kasus di mana kalian dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan
Sebagai contoh :
Di dalam dompet "hanya" ada uang Rp 5.000,- (kondisi) Kemudian akan makan siang di suatu tempat. Pilihan menu beserta harga :
1. Lauk Ayam : 7.000
2. Lauk Telor: 4.500
dst... (kalian di sini diminta belajar kreatif untuk mengidentifikasi masalah terkait kondisional, kemudian memutuskan pilihan berdasarkan kondisi itu)
3. Cobalah membuat Raptor untuk (kasus 3.1 - 3.5) :
a. bila kalian belum mahir, pastikan kalian minta bantuan teman untuk mengajari penggunaan Raptor
b. bila kalian sudah mahir, cobalah untuk meningkatkan kecepatan menyelesaikan (usahakan 1 kasus tidak lebih dari 5 menit)
Setelah mengerjakan, silahkan perlihatkan pada teman 1 kelompok TP, kemudian diskusikan bila ada jawaban yang berbeda.
4. Pelajari latihan yang ada :
a. bila sanggup, kerjakan Raptornya
b. bila tidak, it's OK .... paling tidak, sudah mengetahui bagaimana tata cara solusi menggunakan kertas (analisis)
Saat Kuliah
20 menit
1. Dosen membuka perkuliahan, dan meminta mahasiswa untuk menyiapkan materi kuliah minggu ke-3 (termasuk menyalakan laptop, membuka diktat bab 4 dll)
2. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menulis refleksi minggu yang lalu di blog mereka?
3. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menyiapkan sesuai "skenario Pra kuliah"?
4. Dosen meminta salah satu mahasiswa untuk memaparkan algoritma kondisional di depan kelas
5. Dosen meminta peserta lain untuk menanggapinya
5 menit
6. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah mengunduh materi kuliah minggu ke-3, mengambil diktat dan modul?
7. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah mempelajari materi kuliah minggu ke-3?
8. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah membuat salah satu (atau lebih) dari materi minggu ke-3?
30 menit
9. Dosen membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok adalah 2 kelompok TP (yang masing2 maksimal 3 mhs)
10. Pilihlah salah satu di antara kalian untuk menjadi pemimpin diskusi dan notulen. Ketua menanyakan kepada tiap anggota : komponen dari skenario pra kuliah (kasus 3.1 - 3.5 khususnya)
11. Bila 10 sudah ada (min 1), kelompok bisa melanjutkan diskusi mereka (dari soal latihan), bila tidak bagilah tugas untuk mengerjakannya (kasus 3.1 - 3.5 khususnya)
25 - 30 menit
12. Tiap kelompok mengirimkan wakilnya untuk presentasi kasus di depan kelas (kasus 3.1 - 3.5 khususnya), salah satu (minimal, ada yang presentasi dari latihan)
10 menit : Penutup
13. Dosen memberikan kesimpulan dan respon balik terhadap proses diskusi dan hasil diskusi kelompok
Skenario Persiapan Praktikum :
1. Pelajari materi Minggu ke-1
2. Persiapkan kemampuan mengetik 10 jari dan ketrampilan Raptor dan Jeliot
3. Persiapkan postes minggu ke-1 (pretesnya adalah tata cara mengirim pre-tes dan postes minggu y.a.d ke masing2 asisten).
Selamat berkompetisi ya ..... Tidak penting menang dan kalahnya, namun, dengan berkompetisi, hidup menjadi lebih bersemangat, bukan?
wahyup- Jumlah posting : 6
Join date : 23.02.15
Similar topics
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-2
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-5 dan 6 : Subprogram dan Rekursif
» Skenario Pembelajaran Minggu ke-4 : Perulangan
» Skenario Pembelajaran Minggu ke-7 : Array
» Persiapan Kuliah Alpro
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-5 dan 6 : Subprogram dan Rekursif
» Skenario Pembelajaran Minggu ke-4 : Perulangan
» Skenario Pembelajaran Minggu ke-7 : Array
» Persiapan Kuliah Alpro
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|