Skenario Pembelajaran Minggu ke-4 : Perulangan
Halaman 1 dari 1
Skenario Pembelajaran Minggu ke-4 : Perulangan
Pra kuliah (disiapkan dari rumah)
1. Baca lebih dahulu materi "Minggu 04 Loop 2015.pptx"
2. Amati dalam kehidupan sehari-hari, kasus dimana kalian dihadapkan kejadian yang membutuhkan perulangan
3. Cobalah membuat Raptor untuk (kasus 4.2/3 dan 4.7/ :
Setelah mengerjakan, silahkan perlihatkan pada teman 1 kelompok TP, kemudian diskusikan bila ada jawaban yang berbeda.
4. Pelajari latihan yang ada : (Gunakan tahapan pengembangan penyelesaian masalah -- materi Minggu 1)
a. bila sanggup, kerjakan Raptornya
b. bila tidak, it's OK .... paling tidak, sudah mengetahui bagaimana tata cara solusi menggunakan kertas (analisis)
Saat Kuliah
20 menit
1. Dosen membuka perkuliahan, dan meminta mahasiswa untuk menyiapkan materi kuliah minggu ke-4 (termasuk menyalakan laptop,
membuka diktat bab 5 dll)
2. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menulis refleksi minggu yang lalu di blog mereka?
3. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menyiapkan sesuai "skenario Pra kuliah"?
4. Dosen meminta salah satu mahasiswa untuk memaparkan algoritma perulangan terkait hobi/ prestasi di depan kelas
5. Dosen meminta peserta lain untuk menanggapinya
5 menit
6. Dosen menjelaskan prinsip utama perulangan
7. Dosen menjelaskan contoh dalam kehidupan sehari2 dari observasi
30 menit
8. Dosen membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok adalah 2 kelompok TP (yang masing2 maksimal 3 mhs)
9. Dosen meminta 2 di antara anggota untuk observasi di luar kelas terkait kejadian menyangkut perulangan
10. Pilihlah salah satu di antara kalian untuk menjadi pemimpin diskusi dan notulen. Ketua menanyakan kepada tiap anggota :
komponen dari skenario pra kuliah (kasus 4.2/3 dan 4.7/8 khususnya)
11. Bila 10 sudah ada (min 1), kelompok bisa melanjutkan diskusi mereka (dari soal latihan), bila tidak bagilah tugas
untuk mengerjakannya (kasus 4.2/3 dan 4.7/8 khususnya)
25 - 30 menit
12. Tiap kelompok mengirimkan wakilnya untuk presentasi kasus di depan kelas (kasus 4.2/3 dan 4.7/8 khususnya), salah satu (minimal, ada yang presentasi dari latihan)
13. Dosen meminta salah satu kelompok mengirimkan wakilnya untuk menceritakan hasil observasinya (kejadian berulang)
10 menit : Penutup
14. Dosen memberikan kesimpulan dan respon balik terhadap proses diskusi dan hasil diskusi kelompok
1. Baca lebih dahulu materi "Minggu 04 Loop 2015.pptx"
2. Amati dalam kehidupan sehari-hari, kasus dimana kalian dihadapkan kejadian yang membutuhkan perulangan
3. Cobalah membuat Raptor untuk (kasus 4.2/3 dan 4.7/ :
Setelah mengerjakan, silahkan perlihatkan pada teman 1 kelompok TP, kemudian diskusikan bila ada jawaban yang berbeda.
4. Pelajari latihan yang ada : (Gunakan tahapan pengembangan penyelesaian masalah -- materi Minggu 1)
a. bila sanggup, kerjakan Raptornya
b. bila tidak, it's OK .... paling tidak, sudah mengetahui bagaimana tata cara solusi menggunakan kertas (analisis)
Saat Kuliah
20 menit
1. Dosen membuka perkuliahan, dan meminta mahasiswa untuk menyiapkan materi kuliah minggu ke-4 (termasuk menyalakan laptop,
membuka diktat bab 5 dll)
2. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menulis refleksi minggu yang lalu di blog mereka?
3. Dosen menanyakan : apakah mahasiswa telah menyiapkan sesuai "skenario Pra kuliah"?
4. Dosen meminta salah satu mahasiswa untuk memaparkan algoritma perulangan terkait hobi/ prestasi di depan kelas
5. Dosen meminta peserta lain untuk menanggapinya
5 menit
6. Dosen menjelaskan prinsip utama perulangan
7. Dosen menjelaskan contoh dalam kehidupan sehari2 dari observasi
30 menit
8. Dosen membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok adalah 2 kelompok TP (yang masing2 maksimal 3 mhs)
9. Dosen meminta 2 di antara anggota untuk observasi di luar kelas terkait kejadian menyangkut perulangan
10. Pilihlah salah satu di antara kalian untuk menjadi pemimpin diskusi dan notulen. Ketua menanyakan kepada tiap anggota :
komponen dari skenario pra kuliah (kasus 4.2/3 dan 4.7/8 khususnya)
11. Bila 10 sudah ada (min 1), kelompok bisa melanjutkan diskusi mereka (dari soal latihan), bila tidak bagilah tugas
untuk mengerjakannya (kasus 4.2/3 dan 4.7/8 khususnya)
25 - 30 menit
12. Tiap kelompok mengirimkan wakilnya untuk presentasi kasus di depan kelas (kasus 4.2/3 dan 4.7/8 khususnya), salah satu (minimal, ada yang presentasi dari latihan)
13. Dosen meminta salah satu kelompok mengirimkan wakilnya untuk menceritakan hasil observasinya (kejadian berulang)
10 menit : Penutup
14. Dosen memberikan kesimpulan dan respon balik terhadap proses diskusi dan hasil diskusi kelompok
wahyup- Jumlah posting : 6
Join date : 23.02.15
Similar topics
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-3
» Skenario Pembelajaran Minggu ke-7 : Array
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-2
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-5 dan 6 : Subprogram dan Rekursif
» Tugas Minggu ke-1
» Skenario Pembelajaran Minggu ke-7 : Array
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-2
» Skenario Pembelajaran Alpro Minggu ke-5 dan 6 : Subprogram dan Rekursif
» Tugas Minggu ke-1
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|